Tips Untuk Memperbaiki Kualitas Sperma

Memperbaiki Kualitas Sperma

Kualitas kesuburan dari seorang pria turut untuk menentukan harapan dan peluang mempunyai keturunan. Kesuburan seorang lelaki ditentukan oleh berbagai faktor, di antaranya merupakan kualitas sperma. 

Menurut pakar Andrologi dan Seksologi, Prof Dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAAC, untuk dapat membuahi sel telur, hanya diperlukan kualitas sperma yang baik. Jumlah yang cukup banyak bukan satu-satunya jaminan karena tak jarang sperma yang ada lemah, bahkan mandul. Sperma yang normal, menurut Wimpie, secara kasat mata dapat dinilai dari beberapa hal. 

"Warna kelabu pucat, aroma khas (seperti bunga akasia), volume sekitar 2-4 ml. Ketika baru dikeluarkan tampak gumpalan, yang dalam waktu beberapa menit akan mencair," ujarnya dalam sebuah jawaban konsultasi di kanal Kompas Health .

tetapi agar untuk mengetahui kualitas dan kuantitasnya, apakah normal atau tidak, diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop. "Dari situ dapat disimpulkan, apakah kesuburan normal atau tidak normal," tambahnya.

Madu Penyubur Pria

1. Redakan stres kamu. meskipun dokter belum tahu mengapa stres yang berlebihan bisa mengurangi hitungan sperma, mempraktikkan teknik-teknik meredakan stres seperti biofeedback atau relaksasi otot progresif bisa ada gunanya.

2. Jangan berolahraga berlebihan. Orang yang berolahraga dengan berlebihan dapat mengurangi hitungan sperma mereka karena suhu yang meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengerahkan tenaga. Dalam sebuah studi di AS, para peneliti menemukan bahwa para pelari yang berlatih lebih dari 90 kilometer per minggu mempunyai hitungan sperma lebih rendah dan sel-sel sperma kurang matang daripada pria berlari kurang dari 50 kilometer per minggu.



Comments